Logo Bloomberg Technoz

Israel Gandeng AS dan Inggris Jelang Serangan Pembalasan Iran

News
03 August 2024 13:30

Ilustrasi Israel.
Ilustrasi Israel.

Dan Williams - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat pertahanan Israel mengatakan bahwa mereka berkoordinasi dengan AS dan Inggris menjelang serangan yang diperkirakan akan dilakukan Iran, yang menyiapkan panggung untuk mengulangi serangan serupa oleh Teheran pada April yang ditangkis oleh sekutu.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan dalam pernyataannya pada Jumat bahwa ia berbicara dengan rekan-rekannya dari AS dan Inggris, Lloyd Austin dan John Healey, dan memberikan "penilaian situasional sehubungan dengan perkembangan keamanan baru-baru ini."

Kekhawatiran telah meningkat akan limpahan dari perang Israel-Hamas yang telah berlangsung selama hampir 10 bulan di Gaza karena Iran mengancam akan melakukan pembalasan terhadap pembunuhan di Teheran pekan ini terhadap Ismail Haniyeh, pemimpin politik kelompok yang didukung Iran.

Lonjakan ketegangan yang serupa sekitar empat bulan yang lalu membuat Iran dan Israel saling balas tembakan untuk pertama kalinya. Hampir 300 pesawat tak berawak dan rudal Iran ditembakkan, tapi sebagian besar berhasil dihancurkan oleh pertahanan udara Israel, AS, dan beberapa negara sekutunya. Serangan pesawat tak berawak Israel sebagai tanggapan dibatasi dan tampak simbolis untuk menghindari eskalasi.