Logo Bloomberg Technoz

Menkes Budi Luncurkan Portable X-Ray Pendeteksi TBC

Dovana Hasiana
03 August 2024 13:00

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meluncurkan alat skrining tuberkulosis (TB) Portable X-Ray pada Jumat (2/8/2024).
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meluncurkan alat skrining tuberkulosis (TB) Portable X-Ray pada Jumat (2/8/2024).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meluncurkan alat skrining tuberkulosis (TB) Portable X-Ray pada Jumat (2/8/2024).

Budi mengatakan Kemenkes akan mendistribusikan portable X-Ray ke daerah-daerah dengan kasus TB yang tinggi. Salah satu daerah prioritas adalah Bandung, Jawa Barat, yang memiliki angka kasus TB yang cukup signifikan.

"Butuhnya untuk nasional, kami merasa masing-masing provinsi harus punya dua alat portable X-Ray, tetapi saat ini kami mau prioritaskan ke provinsi-provinsi yang tinggi kasus TBC-nya," ujar Budi dalam siaran pers, dikutip Sabtu (3/8/2024). 

Portable X-Ray merupakan bantuan dari Uni Emirat Arab (UEA), saat ini telah tersedia di Indonesia sebanyak 25 unit, yang tersebar di 15 kabupaten/kota di delapan provinsi prioritas percepatan eliminasi TBC 2030. 

Alat tersebut didistribusikan ke wilayah prioritas dengan kasus TBC tinggi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Maluku.