Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran AS Naik Lagi, Perkuat Pemangkasan Suku Bunga The Fed

News
03 August 2024 11:30

Pekerja AS. (Dok: Bloomberg)
Pekerja AS. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Perekrutan tenaga kerja AS melambat pada Juli dan tingkat pengangguran naik ke level tertinggi hampir tiga tahun, meningkatkan kekhawatiran resesi dan menempatkan Federal Reserve pada jalur yang tepat untuk memangkas suku bunga pada September.

Non-farm payroll naik 114.000--salah satu angka terlemah sejak pandemi--dan pertumbuhan lapangan kerja direvisi lebih rendah dalam dua bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran secara tak terduga naik untuk bulan keempat menjadi 4,3%, memicu indikator resesi yang diawasi ketat dan menekan saham.

Pengangguran AS. (Dok: Bloomberg)

Angka-angka pada Jumat mengakhiri seminggu data mengecewakan yang meningkatkan kekhawatiran akan penurunan yang lebih tajam dalam perekonomian, dan menantang karakterisasi Gubernur The Fed Jerome Powell yang menyebut perlambatan pasar tenaga kerja sebagai "bertahap".

Namun, beberapa aspek dari laporan tersebut mungkin telah terdistorsi oleh Badai Beryl--yang menghantam Texas pada minggu ketika data survei dikumpulkan--dan mungkin akan pulih pada Agustus.