Logo Bloomberg Technoz

KKKS Kabur ke Afrika, RI Perbaiki Skema Pajak hingga Bagi Hasil

Dovana Hasiana
03 August 2024 11:00

Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (Dok. SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan banyak operator atau kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beralih dan membidik negara-negara di Afrika untuk menanamkan investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi. 

Sebab, Arifin mengatakan, negara-negara di Afrika menawarkan skema kebijakan yang lebih sederhana, yakni hanya berupa penerapan pajak dan royalti. 

Dengan demikian, Indonesia mulai melakukan kajian untuk melakukan pembenahan terhadap peraturan agar investasi hulu migas di Indonesia menjadi lebih menarik. 

“Kita lagi kaji karena negara lain ternyata punya skema kebijakan yang lebih agresif, sehingga banyak KKKS yang lari ke tempat lain, Guyana contohnya, Mozambik, Meksiko,” ujar Arifin dalam konferensi pers di Kantor Ditjen Migas, Jakarta Selatan, dikutip Sabtu (3/8/2024). 

Arifin menuturkan setidaknya terdapat tiga jenis pembenahan yang bakal dilakukan oleh pemerintah untuk membuat investasi hulu migas di Indonesia menjadi lebih menarik.