Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Ekonomi AS Sehat Meski Pasar Kerja Tidak Jelas

News
03 August 2024 10:00

Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin mengatakan ekonomi AS dalam kondisi baik, meskipun tidak jelas apakah pasar tenaga kerja kembali ke tingkat perekrutan yang normal atau semakin memburuk.

Barkin berbicara setelah laporan ketenagakerjaan Juli menunjukkan non-farm payroll naik 114.000--salah satu kenaikan terlemah sejak pandemi--dan tingkat pengangguran secara tak terduga naik untuk bulan keempat menjadi 4,3%.

Harga saham turun, sementara obligasi menguat, dan pedagang berjangka memperkirakan kemungkinan pemangkasan suku bunga yang agresif hingga akhir tahun. "Kami telah melalui dua tahun, dua setengah tahun pasar tenaga kerja yang sangat bergejolak," kata Barkin dalam wawancara dengan Carolina Business Review.

"Pertanyaannya, tentu saja, apakah kita sedang melakukan normalisasi atau sedang melemah?" Perbedaannya sangat berarti, katanya, seraya menambahkan, "Hal ini sampai pada pertanyaan apakah kita akan mencapai titik terendah atau apakah pengangguran akan meningkat dari sini."