Logo Bloomberg Technoz

Para pejabat The Fed mempertahankan suku bunga stabil pada level tertinggi lebih dari dua dekade pada pertemuan mereka awal pekan ini, tetapi Gubernur Jerome Powell memberi isyarat kepada bank sentral untuk mulai menurunkan biaya pinjaman pada pertemuan berikutnya di September.

Laporan pekerjaan pada Jumat meningkatkan kemungkinan langkah tersebut. Perekrutan tenaga kerja AS sangat melambat di Juli dan tingkat pengangguran naik menjadi 4,3%, level tertinggi dalam hampir tiga tahun terakhir. Payrolls meningkat hanya 114.000 bulan lalu, jauh di bawah perkiraan hampir semua ekonom.

Dalam wawancara terpisah pada Jumat (2/8/2024) dengan SiriusXM, Goolsbee mengatakan bahwa jika inflasi terus mereda dan pasar tenaga kerja semakin mendingin, terutama jika memburuk melewati apa yang dianggap sebagai lapangan kerja penuh oleh The Fed, "itulah kondisi di mana, menurut saya, The Fed harus bereaksi."

Goolsbee mengatakan bahwa kondisi ekonomi akan menentukan waktu dan indikator penurunan suku bunga. Namun, "ketika kondisi-kondisi membutuhkan pemangkasan, mereka cenderung tidak melakukan pemangkasan secara individual," ujarnya dalam wawancara dengan Bloomberg Television.

Para pembuat kebijakan telah mempertahankan suku bunga pada level ini selama satu tahun. Pada saat yang sama, inflasi telah mendingin, yang berarti bahwa kebijakan moneter secara efektif memberikan lebih banyak tekanan pada ekonomi saat ini dibandingkan dengan saat ini tahun lalu, kata Goolsbee.

"Kita perlu, dalam waktu singkat, menyeimbangkan tingkat pengetatan kita dengan apa yang terjadi pada perekonomian," ujarnya dalam wawancara dengan SiriusXM yang akan tayang pada Senin.

Pemangkasan yang lebih besar?

Setelah laporan ketenagakerjaan, beberapa bank di Wall Street meningkatkan ekspektasi akan adanya pemangkasan suku bunga The Fed yang agresif pada tahun ini. Para ekonom di Citigroup Inc dan JPMorgan Chase & Co saat ini memperkirakan penurunan suku bunga sebesar setengah poin di September dan November, diikuti oleh penurunan sebesar seperempat poin di Desember.

Para pedagang saat ini melihat bank sentral akan memangkas suku bunga lebih dari satu poin persentase tahun ini, menurut pasar berjangka. Powell mengatakan pada Rabu bahwa ia dapat "membayangkan skenario di mana akan ada pemangkasan mulai dari nol hingga beberapa kali pemangkasan" selama sisa tahun 2024, bergantung pada bagaimana ekonomi berkembang.

Penyesuaian pernyataan para pembuat kebijakan pasca-pertemuan, bersama dengan komentar dari Powell selama konferensi pers Rabu, mengindikasikan bahwa para pejabat semakin khawatir tentang pelemahan pasar tenaga kerja yang tidak semestinya, sebuah pergeseran dari fokus utama mereka pada inflasi selama lebih dari dua tahun.

(bbn)

No more pages