Logo Bloomberg Technoz

Tingkat pengangguran naik tak terduga untuk bulan keempat menjadi 4,3%.

Data Nonfarm Payrolls. (Sumber: Bloomberg)

Angka-angka tersebut mungkin memberi alasan bagi pejabat The Fed untuk percaya bahwa kebijakan mereka terlalu banyak mendinginkan pasar tenaga kerja daripada mengembalikannya ke tren sehat sebelum pandemi. 

Data lain menunjukkan perlambatan yang lebih bertahap, yang ditandai dengan lebih banyak orang mengajukan tunjangan pengangguran dan penurunan posisi terbuka yang stabil.

Gubernur The Fed Jerome Powell berbicara pada hari Rabu setelah bank sentral mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam dua dekade, dan dia mengindikasikan bahwa para pembuat kebijakan berada di jalur untuk mulai menurunkan biaya pinjaman paling cepat pada bulan September. 

Karena inflasi sebagian besar telah turun dari puncaknya selama pandemi, Powell mengatakan para pejabat sekarang lebih fokus pada sisi lain dari mandat ganda mereka dan ingin mencegah kerugian yang tidak semestinya pada pasar tenaga kerja.

"Kami telah mengalami penurunan inflasi yang sangat signifikan dan pengangguran tetap rendah," kata Powell. 

"Yang kami pikirkan sepanjang waktu adalah 'bagaimana kita mempertahankan ini?'"

Futures saham menurun dan imbal hasil Treasury anjlok karena para pedagang hampir menetapkan harga pemotongan suku bunga setengah poin pada bulan September.

(bbn)

No more pages