Logo Bloomberg Technoz

Asa Atlet Terakhir Indonesia di Badminton Olimpiade Paris 2024

Redaksi
02 August 2024 17:20

Atlet Badminton Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Dok. BWF)
Atlet Badminton Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Dok. BWF)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia menumpukan harapan tradisi medali olimpiade hanya pada tangan atlet tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Dia menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang tersisa pada cabang bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024.

Mariska baru saja memastikan satu slot pada babak perempat final usai mengalahkan pebulutangkis Korea Selatan peringkat ke-17 dunia, Kim Ga Eun melalui babak sengit tiga game. Hasil ini pun memperpanjang rekor head to head keduanya dengan kemenangan mutlak pada sembilan pertemuan. 

Pada babak 8 besar, Mariska akan menghadapi atlet senior asal Thailand, Intanon Ratchanok pukul 13.30 WIB, Sabtu (3/8/2024). Berdasarkan peringkat BWF, Mariska memang lebih unggul dengan catatan peringkat ke-8; sedangkan Intanon berada di urutan ke-21.

Akan tetapi, Intanon adalah pemain andalan Thailand yang pernah duduk sebagai pemain terbaik atau peringkat ke-1 dunia pada 2016. Dia juga meraih juara dunia badminton putri pada 2013.

Tak hanya itu, Mariska memang harus bekerja keras untuk memastikan kemenangan atas Intanon. Berdasarkan rekor head to head, Mariska sudah pernah bertanding sembilan kali melawan Intanon. Hasilnya, Mariska hanya bisa menang satu kali pada Piala Uber 2024 dengan skor 2-0. Sisanya, Mariska Kalah sejak 2018-2021.

Atlet Badminton Tunggal Putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Dok. BWF)