Logo Bloomberg Technoz

Perkiraan pendapatan Qualcomm pada awalnya membuat sahamnya mengalami reli dalam perdagangan yang diperpanjang pada hari Rabu, tetapi saham tersebut mundur setelah pernyataan dari Amon dan eksekutif lainnya dalam sebuah panggilan konferensi dengan para analis.

Saham Qualcomm  tercatat turun serendah US$167,06 di Bursa AS, Kamis waktu AS, penurunan intraday terbesar dalam dua minggu. 

Ragam komentar dari para eksekutif juga meruntuhkan keyakinan bahwa pemulihan akan meningkat. Chief Financial Officer (CFO) Akash Palkhiwala memperkirakan pertumbuhan pada kuartal Desember tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya, ketika penjualan meningkat 5%. Pada bagian lain para analis memperkirakan kenaikan sebesar 9%.

Qualcomm memperkirakan bisnisnya akan tumbuh “datar” atau naik dengan persentase satu digit tahun ini.

Arm Holdings Plc, perusahaan cip lain yang sangat bergantung pada penjualan ponsel, juga memberikan pandangan mengecewakan selama laporan pendapatannya pada hari Rabu. 

Arm Holdings memberi gambaran besar: wakau hp smartphone kelas atas membantu mendorong penjualan untuk pemasok seperti Qualcomm dan Arm, belum ada lonjakan permintaan yang meluas untuk ponsel secara umum.

Pendapatan Qualcomm pada kuartal yang berakhir di bulan September akan mencapai US$9,5 miliar-US$10,3 miliar, kata perusahaan tersebut pada hari Rabu.

Para analis memperkirakan rata-rata US$9,7 miliar. Hasil terbaru juga melampaui proyeksi, membantu mendorong reli sebelumnya.

Investor telah mencari tanda-tanda bahwa industri smartphone akhirnya bangkit dari perlambatan. 

Qualcomm adalah pembuat prosesor dan cip radio terbesar yang menangani fungsi-fungsi utama dalam perangkat. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu pasar terbesar di bidang elektronik.

Saham Qualcomm telah naik 25% tahun ini menjelang laporan pendapatan, yang mencerminkan optimisme bahwa pemulihan sedang berlangsung. 

Pada kuartal ketiga, yang berakhir pada 23 Juni, laba mencapai US$2,33 per saham, tidak termasuk beberapa item. Pendapatan naik 11% menjadi US$9,39 miliar.

Para analis memperkirakan laba Qualcomm US$2,24 per saham dan penjualan US$9,21 miliar. Pendapatan yang terkait dengan telepon naik 12% menjadi US$5,9 miliar pada periode tersebut.  Penjualan otomotif melonjak 87% menjadi US$811 juta pada kuartal tersebut.

Laba kuartal keempat akan menjadi US$2,45 hingga US$2,65 per saham, tidak termasuk item tertentu, kata Qualcomm. Hal ini dibandingkan dengan proyeksi US$2,45 per saham.

Di bawah kepemimpinan Amon, Qualcomm yang berbasis di San Diego ini mendorong produknya ke komputer pribadi (PC) dan kendaraan—sebuah upaya untuk mengurangi ketergantungan pada ponsel. Namun, pasar smartphone masih menyumbang sebagian besar pendapatannya.

Apple Inc, yang melaporkan pendapatan pada hari Kamis, dan Samsung Electronics Co, pembuat hp smartphone berbasis Android, adalah pelanggan utama. iPhone Apple bergantung pada Qualcomm untuk cip konektivitas, bukan prosesor utama, dan perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini sedang berusaha mengembangkan komponen radionya sendiri.

Pendorong utama lain dari keuntungan Qualcomm berasal dari lisensi teknologi fundamental yang mendukung semua jaringan seluler modern. Produsen ponsel membayar biaya ini kepada Qualcomm, baik mereka menggunakan chipnya atau tidak.

(bbn)

No more pages