Logo Bloomberg Technoz

"Rata-rata di Indonesia mulai 4 bulan, di atas 6 bulan masuk daycare. Sebenernya, saya sendiri di tempat daycare 1-4 tahun rata-rata. Di masa ini, anak paling tidak sudah jalan bisa dan bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan. Tidak merasa sensitif seperti anak di bawah 1 tahun ini," katanya.

Bicara usia anak di bawah 1 yang dibawa ke daycare juga harus memperhatikan pengasuh atau gurunya. Apakah bisa menyajikan ASI (Air Susu Ibu) dengan benar.

"Kalau bicara asi, kan nggak semuanya orang tahu menyajikan ASI. Biar beku, asi segar, bagaimana beku keluar kulkas harus dihabiskan dalam 2 jam, gaboleh dikonsumsi, nanti bisa keracunan," tegasnya. 

Lebih lanjut, Novita juga menjelaskan arti dari daycare. Menurut dia, daycare bukan hanya soal penitipan anak dan anak tidak boleh dianggap sebagai barang.

Akan tetapi arti dari daycare sendiri adalah tempat "child care". Dimana anak-anak di asuh, mendapatkan didikan, dibimbing dalam bahasa tumbuh kembangnya oleh pengasuh atau guru.

"Artinya, anak emua dalam aspek tumbuh kembang, aspek kecerdasan majemuk. Jadi kayak secara holistik ada di sana. Benar-benar orang menyiapkan daycare. Ini bukan dititipin jangan sampai benjol. Bukan hanya fisik, tapi secara psikologisnya di aniaya kayak kasus kemarin. Bener-bener kelewatan,"jelasnya.

Kalangan orang tua yang banyak menitipkan anaknya di daycare biasanya keduanya berstatus karyawan.

(dec/spt)

No more pages