Logo Bloomberg Technoz

Status Stabilitas Sistem Keuangan RI Kuartal II: Terjaga

Azura Yumna Ramadani Purnama
02 August 2024 10:24

Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)
Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menilai status stabilitas keuangan masih terjaga pada kuartal II-2024. Namun, sejumlah risiko tetap harus diwaspadai.

"Stabilitas sistem keuangan atau sering kita singkat SSK pada triwulan II-2024 tetap terjaga. Di tengah peningkatan ketidakpastian di pasar keuangan global dan juga seiring dengan ketidakpastian ekonomi serta risiko geopolitik yang masih tinggi," tegas Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan yang juga Ketua KSSK, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Di sisi geopolitik, menurut Sri Mulyani, berbagai risiko masih membayangi. Eskalasi di Timur Tengah, perang di Ukraina yang belum kunjung rampung, hingga transisi demokrasi di berbagai negara memunculkan ketidakpastian.

"Banyak sekali negara-negara demokrasi besar melakukan pemilu, yang berarti memunculkan overheated policy debate seperti di Amerika Serikat, Prancis, Inggris, dan bahkan mungkin di Jerman," katanya.

Perekonomian global, demikian Sri Mulyani, juga masih lemah. Dana Moneter Internasional (IMF) dalam laporan terbaru memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia tahun ini di 3,2%.