Logo Bloomberg Technoz

Konversi 500 Unit Motor Listrik Gratis Dibuka, Cek Syaratnya 

Dovana Hasiana
02 August 2024 10:50

Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)
Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik (Dok Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan program konversi sepeda motor Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik secara gratis untuk 500 unit.

Program ini dilakukan secara bertahap mulai 1 Agustus 2024 dan dapat diikuti oleh masyarakat umum yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Program konversi gratis akan dilaksanakan secara bertahap, di mana konversi gratis tahap 1 akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 hingga kuota terpenuhi yaitu sebanyak 500 unit sepeda motor," ujar Kepala Biro Kementerian Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam siaran pers, dikutip Jumat (2/8/2024).

Agus mengatakan Kementerian ESDM akan menanggung biaya konversi sepeda motor sebesar Rp16 juta/unit. Biaya ini tidak termasuk biaya cek fisik, biaya perubahan surat kendaraan, dan biaya rekondisi kendaraan di luar pekerjaan konversi.

Kegiatan konversi gratis ini, ujar Agus, dilaksanakan atas kerja sama dan dukungan badan usaha sektor pertambangan di bawah bimbingan teknis Kementerian ESDM dalam bentuk pemberian dana Corporate Social Responsibility (CSR).