Logo Bloomberg Technoz

Dokter Tegaskan Sedot Lemak Bukan Cara Turunkan Berat Badan

Dinda Decembria
01 August 2024 21:00

Ilustrasi Sedot Lemak (Envato/anatoliy_gleb)
Ilustrasi Sedot Lemak (Envato/anatoliy_gleb)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi Estetik Jabodetabek & Anggota Bidang Kajian Sejarah & Kepahlawanan Dokter PB IDI Dr Qori Haly, SpBP-RE  menegaskan bahwa tindakan sedot lemak atau liposuction bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan.

Hal ini terlepas dari beberapa pandangan masyarakat yang mengkaitkan sedot lemak ialah proses penurunan berat badan atau body slimming.

"Dengan melakukan sedot lemak akan menurunkan berat badan, Ini pemahaman kurang tepat, karena sedok lemak sendiri itu hanya mengurangi  beberapa lapisan lemak di daerah tertentu saja. Jadi fungsinya untuk membentuk tubuh, body contouring, bukan body sliming," kata Dokter Qori saat konferensi pers bersama IDI.

Kemudian Dokter Qori menjelaskan sedot lemak merupakan produk pembedahan invasif yang bertujuan untuk menghilangkan sebagian lapisan lemak dibawah kulit area tertentu. 

Tindakan ini dilakukan ketika pasien mengalami obesitas dan berusaha menurunkan berat dengan cara berolahraga atau juga menjaga pola makan. Akan tetapi hasilnya mengalami beberapa bentuk tubuh seperti lengan bergelambir akibat obesitas.