Logo Bloomberg Technoz

Keputusan ini merupakan hadiah awal untuk pemerintahan Partai Buruh yang baru dan menyelaraskan BOE dengan pelonggaran yang lambat dimulai di seluruh negara maju. Pergeseran itu mungkin akan segera diikuti oleh Federal Reserve AS setelah Gubernur Jerome Powell mengisyaratkan pada Rabu (31/7/2024) bahwa para pejabat berada di jalur yang tepat untuk memangkas suku bunga pada September kecuali jika kemajuan inflasi terhenti.

Sejalan dengan rekan-rekan global seperti itu, bank sentral Inggris menunjukkan pendekatan yang berhati-hati terhadap perubahan masa depan dalam biaya pinjaman, dengan notulen menambahkan bahwa para pejabat akan "memutuskan tingkat yang sesuai dari keketatan kebijakan moneter pada setiap pertemuan."

Meskipun demikian, prakiraan bank menunjukkan jalur penurunan suku bunga yang lebih curam selama tiga tahun ke depan daripada yang diperkirakan pasar saat ini.

Dengan asumsi pasar bahwa suku bunga turun menjadi 4,1% pada tahun 2025 dan 3,5% dalam waktu tiga tahun, inflasi berada di 1,7% setelah dua tahun dan 1,5% setelah tiga tahun--jauh di bawah target 2%. Pertumbuhan harga konsumen Inggris kembali ke tingkat tersebut, tetapi tekanan yang mendasarinya tetap tinggi.

BOE mengatakan bahwa inflasi umum akan naik kembali ke 2,7% pada akhir tahun ini, dan bahwa apa yang terjadi setelah itu bergantung pada bagaimana upah dan harga jasa berkembang.

Risiko inflasi akan tetap "condong ke atas selama periode perkiraan," kata BOE dalam dokumennya. "Kebijakan moneter perlu terus dibatasi untuk waktu yang cukup lama hingga risiko-risiko terhadap inflasi yang kembali ke target 2% dalam jangka menengah telah berkurang."

Komite memutuskan untuk memangkas meskipun inflasi yang mendasari lebih kuat dari yang diharapkan dan pertumbuhan yang lebih kuat dari yang diantisipasi--kedua elemen yang dikutip oleh minoritas yang menentang langkah tersebut dalam pemungutan suara yang merupakan pemungutan suara terketat MPC sejak September 2023. Inflasi jasa mencapai 5,7% di Juni, jauh di atas perkiraan BOE sebesar 5,1%, dan pertumbuhan upah turun secara perlahan.

Perekonomian juga pulih dari resesi lebih kuat dari yang diperkirakan. BOE meningkatkan pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 1,25% dari 0,5%, tetapi membiarkan proyeksi untuk tahun 2025 dan 2026 tidak berubah pada 1% dan 1,25%.

Untuk lima anggota yang memilih untuk menurunkan suku bunga, "ada beberapa kemajuan dalam memoderasi risiko persistensi inflasi," kata notulen tersebut.

Survei-survei bisnis menunjukkan "berkurangnya tekanan upah dan harga." Bagi beberapa pejabat tersebut, keputusan tersebut "sangat seimbang" karena kegigihan inflasi "belum secara meyakinkan menghilang." Bersamaan dengan Bailey, Clare Lombardelli, deputi gubernur yang baru untuk kebijakan moneter, mendukung pengurangan tersebut dalam pertemuan pertamanya. Mereka bergabung dengan deputi gubernur Sarah Breeden dan Dave Ramsden serta anggota eksternal Swati Dhingra.

Kepala Ekonom Huw Pill dan pembuat kebijakan eksternal Jonathan Haskel, Megan Greene dan Catherine Mann memilih untuk bertahan. Itu adalah suara terakhir Haskel. Pada Juni, hanya dua anggota yang mendukung pemangkasan.

Penurunan ini akan menjadi bantuan yang melegakan bagi para peminjam hipotek dan bisnis setelah 12 bulan dengan suku bunga yang terjebak di level tertinggi dalam 16 tahun terakhir, dan memberikan keuntungan awal bagi pemerintahan yang baru.

Perdana Menteri Keir Starmer dan kanselirnya, Rachel Reeves, baru menjabat kurang dari satu bulan dan telah berjanji untuk mendorong pertumbuhan untuk memperbaiki layanan publik Inggris yang sedang sakit. Suku bunga yang lebih rendah akan membantu pertumbuhan dan menurunkan biaya pembayaran utang, memberikan pemerintah lebih banyak uang untuk prioritas pengeluarannya.

BOE diberi pengarahan tentang perubahan kebijakan kanselir pada Senin, ketika para pekerja sektor publik dianugerahi kenaikan gaji sebesar 10 miliar poundsterling, tetapi para pejabat tidak memasukkannya ke dalam proyeksi Agustus. Efek pada sikap fiskal akan terlihat pada proyeksi November setelah anggaran penuh pada 30 Oktober.

(bbn)

No more pages