Logo Bloomberg Technoz

BOE Pangkas Suku Bunga Pertama Kalinya Sejak 2020

News
01 August 2024 18:40

Bank of England (BOE).(Jason Alden/Bloomberg)
Bank of England (BOE).(Jason Alden/Bloomberg)

Philip Aldrick - Bloomberg News

Bloomberg, Bank of England (BOE) memangkas suku bunga untuk pertama kalinya sejak awal 2020 dan mengisyaratkan penurunan lebih lanjut dengan hati-hati ke depan, menawarkan sedikit kelegaan bagi rumah tangga setelah satu tahun dengan biaya pinjaman tertinggi di Inggris selama satu generasi. 

Pemungutan suara yang dilakukan Gubernur Andrew Bailey menetapkan penurunan seperempat poin pada suku bunga acuan menjadi 5%. Keputusan tersebut "seimbang" untuk beberapa pihak yang mendukung langkah tersebut, dan ditentang oleh minoritas empat anggota Komite Kebijakan Moneter yang beranggotakan sembilan orang, menurut notulen rapat.

Suku bunga BOE. (Dok: Bloomberg)

Tidak ada panduan khusus mengenai di mana suku bunga akan berada, atau kecepatan pemangkasan yang diperlukan untuk mencapainya. Notulen tersebut mengindikasikan bahwa BOE mungkin akan menurunkan biaya pinjaman secara perlahan-lahan, dan spekulasi pasar keuangan sebelum pengumuman tersebut menunjukkan bahwa hanya akan ada satu kali penurunan lagi pada tahun ini.

"Tekanan inflasi telah cukup berkurang sehingga kami dapat menurunkan suku bunga hari ini," ujar Bailey dalam pernyataannya. "Namun, kita perlu memastikan inflasi tetap rendah, dan berhati-hati untuk tidak memangkas suku bunga terlalu cepat atau terlalu banyak."