Logo Bloomberg Technoz

MTEL Gandeng Anak Usaha Airbus AALTO Bangun BTS di Udara

Sultan Ibnu Affan
01 August 2024 17:15

Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) di Jakarta, Minggu, (21/11/2021). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) resmi bekerja sama dengan AALTO HAPS Ltd. atau AALTO untuk memproduksi dan mengoperasikan High Altitude Platform Station (HAPS) bertenaga surya Zephyr.

Kerja sama tersebut dilakukan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Mintratel (MTEL) dan AALTO pada 17 Juli 2024 lalu, untuk penyediaan solusi HPAS secara komersil di Indonesia.

"Kerjasama ini merupakan upaya kami dalam mendukung rencana pemerintah Indonesia untuk memberikan akses yang merata terhadap telekomunikasi berkualitas tinggi bagi seluruh masyarakat," ujar Direktur Utama MTEL Theodorus Ardi Hartoko dalam keterangan resmi, Jumat (1/8/2024).

AALTO merupakan entitas usaha Airbus, yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dari stratosfer, sebagai solusi konektivitas satelit yang dapat menjangkau secara luas, termasuk ke wilayah terpencil, bernama Zephyrs HPAS atau Flying Tower System (FTS).

Zephyr merupakan platform muatan agnostik yang dapat berubah menjadi menara multi-fungsi di udara untuk menyediakan layanan konektivitas seluler hingga 5G langsung ke perangkat dengan latensi rendah di lokasi- lokasi yang sulit dijangkau, khususnya di daerah terpencil.