Logo Bloomberg Technoz

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Titipkan Anak di Daycare

Dinda Decembria
01 August 2024 18:00

Ilustrasi Daycare (Envato/collab_media)
Ilustrasi Daycare (Envato/collab_media)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Belum lama ini ramai soal kasus dugaan penganiayaan terhadap balita usia dua tahun di Daycare Depok, Jawa Barat. Pelaku ialah sang pemilik daycare yang juga influencer parenting Meita Irianty.

Dari kasus tersebut, diharapkan menjadi pembelajaran bagi orang tua yang ingin menitipkan buah hatinya di daycare. Oleh karena itu, psikolog anak, Novita Tandry mengingatkan langkah-langkah yang harus diperhatikan para orang tua sebelum memutuskan hal ini.

Pertama mengetahui daycare memiliki izin jelas dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Kalau bicara aturan dan persyaratan buka daycare itu ketat banget mbak. Puluhan halaman, dari pintu, jendela, 3 meter persegi untuk satu orang anak bergerak. Kalau misal 500 meter persegi, maksimal yang dipakai hanya 30 anak," kata Novita kepada Bloomberg Technoz, Kamis (1/8).

"Kalau untuk izin daycare, izin surat keluar harus dengan izin domisili,  4 tetangga rumah sebelah, 4 di kanan, 4 di kiri, 4 di depan, 4 di belakang . Satu orang ga tandatangan aja ini ga bisa keluar," jelasnya.