Logo Bloomberg Technoz

Menkes Lantik 8 Pejabat Eselon II Kemenkes & 26 Dirut RS Vertikal

Dinda Decembria
01 August 2024 16:10

Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin melantik pejabat pimpinan tinggi pratama dan direksi rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di ruang Auditorium Siwabessy, gedung Prof. Sujudi, Jakarta, Rabu (31/7/2024). 

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan seleksi dan rotasi/mutasi di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Dalam sambutannya, Menkes Budi menekankan pentingnya fokus pada program-program utama transformasi kesehatan. Menkes Budi telah memilih program yang akan dimonitor secara personal hingga program tersebut selesai, di antaranya pengembangan laboratorium kesehatan masyarakat atau public health lab.

Public health lab akan dilakukan di Balai Besar Kesehatan Masyarakat. Public health lab akan memiliki dua fungsi utama, yaitu mendukung layanan laboratorium untuk penyakit-penyakit menular dan melakukan surveilans untuk layanan deteksi dini penyakit.

“Jadi, kalau ada outbreak atau potensi outbreak atau ada indikasi outbreak, adalah tugas laboratorium kesehatan masyarakat untuk dapat mendeteksi secara dini dan cepat,” kata Menkes Budi.