Logo Bloomberg Technoz

Character.AI tahun lalu dikatakan sedang dalam pembicaraan penggalangan dana dengan nilai lebih dari US$5 miliar. Sementara itu, Elon Musk telah mengumpulkan dana dalam jumlah besar untuk xAI — sekitar US$6 miliar untuk startup dengan valuasi US$24 miliar. 

The Information sebelumnya melaporkan bahwa xAI telah mempertimbangkan untuk membeli Character.AI, namun dibantah oleh Elon Musk dalam sebuah posting di medsos X.

Kesepakatan antara xAI dan Character.AI akan menghubungkan startup tersebut dengan Grok, produk utama xAI.

Grok, yang sekarang tersedia di platform sosial X, bertujuan untuk menjadi teman bicara yang tidak bias dan ringan, menurut Elon Musk.

“Kami ingin mencoba menjadi AI yang paling lucu,” kata Musk.

Character.AI didirikan pada tahun 2021 oleh Noam Shazeer dan Daniel De Freitas. Keduanya adalah alumni Google, dan Shazeer adalah salah satu penulis dalam makalah penting tentang AI generatif, yang membuatnya menjadi selebritas di industri AI. 

Layanan startup ini memungkinkan siapa saja membuat chatbot khusus mereka sendiri, meniru siapa saja dan apa saja - hidup, mati, atau imajiner.

Ilustrasi teknologi AI milik Elon Musk, Grok xAI. (Dok Bloomberg)

Orang-orang telah membuat jutaan chatbot, atau “karakter”, dengan produk ini. Beberapa bot adalah mitra percakapan yang populer: Misalnya, pengguna telah mengirim sekitar 371 juta pesan ke Raiden Shogun dan Ei, bot yang meniru karakter dalam video game Genshin Impact.

(bbn)

No more pages