Logo Bloomberg Technoz

Satria juga mengatakan masih terdapat sejumlah tantangan dalam memuluskan rencana tersebut, salah satunya seperti ketersediaan mitra pengemudi didaerah terpencil.

Meski demikian, lanjut dia, tantangan tersebut masih akan diakomodir perusahaan, sejalan dengan rencana penambahan mitranya ke depan. "Kami memperkirakan tambahan 800.000 pengemudi Go-Ride secara nasional dari saat ini sekitar 2,5 juta."

Jadi Katalis Positif

Di sisi lain, Satria memperkirakan jika program tersebut berhasil dilaksanakan, maka dapat meningkatkan status pemerintahan Prabowo-Gibran di kalangan investor asing: Indonesia dapat menjadi tolok ukur karena memulai program bantuan sosial yang sepenuhnya digital, yang pertama di dunia.

"Ini juga bisa menjadi sinyal kebijakan untuk lebih banyak inisiatif digitalisasi ke depan," lanjut dia.

Selain itu, dari sudut pandang makroekonomi, kelancarana program tersebut juga akan meningkatkan konsumsi rumah tangga berpenghasilan rendah.

Keterlibatan emiten teknologi tersebut juga memungkinan untuk dapat melacak transparansi efektivitas program makan siang tersebut dalam pengawasannya, ,eminimalkan ruang korupsi, dan memastikan efek pengganda maksimum bagi perekonomian.

(ibn/dhf)

No more pages