Logo Bloomberg Technoz

GOTO & Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Sultan Ibnu Affan
01 August 2024 13:10

Logo GOTO di Handphone di Jakarta, Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Logo GOTO di Handphone di Jakarta, Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bahana Sekuritas memperkirakan kinerja operasional dan keuangan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan terdongkrak, seiring dengan rencana Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka yang akan mengajak emiten teknologi tersebut untuk terlibat dalam program makan bergizi gratis.

Keterlibatan GOTO menyasar pada penyediaan makanan yang akan dibiayai sepenuhnya oleh dana pemerintah dalam ekosistem pemesanan makanan GoFood.

"Perhitungan back-envelope kami menyiratkan GOTO akan mendapatkan tambahan Rp30 triliun GMV dan pendapatan bersih minimal Rp1,5 triliun setiap tahun," ujar Head of Research Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro dalam riset, dikutip Kamis (1/8/2024).

Perkiraan tersebut juga didasari dengan perkirakaan tingkat pengambilan komisi atau take-rate yang diambil GOTO dalam merchant GoFood tersebut dikisaran 5%-10%. Saat ini, tak-rate GOTO terhadap GoFood berada dikisaran 20%-30%.

Namun, Satria menggarisbawahi jika perkiraan pendapatan tersebut jika mengasumsikan anggaran yang ditujukan dalam program tersebut adalah sebesar Rpp71 triliun, dengan pembagian pendapatan dari kemungkinan saiangannya, Grab Holdings.