Logo Bloomberg Technoz

Istana: Upacara 17 Agustus di IKN, Rujukan Waktu Ikut WIB

Redaksi
01 August 2024 11:50

Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan upacara detik-detik proklamasi resmi akan dilakukan di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024. Meski upacara di IKN, namun rujukan waktu pada prosesi detik-detik proklamasi tetap mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Waktu detik-detik proklamasi mengikuti Waktu Indonesia Barat," ujar Pratikno dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan di Kemensetneg, Kamis (1/8/2024).

Pratikno kembali menjelaskan, tata upacara militer 17 Agustus dilaksanakan di IKN Nusantara, dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Sementara itu, upacara 17 Agustus di Halaman Istana Merdeka Jakarta, mengikuti tata upacara di IKN.

"Kemudian upacara penurunan Sangsaka Merah Putih juga dilaksanakan di dua tempat, baik di IKN maupun di Halaman Istana Merdeka Jakarta," kata Pratikno menegaskan.

Selain itu, Pratikno juga mengatakan pada tahun ini diagendakan mata acara baru, yakni prosesi kirab Sangsaka Merah Putih dan juga Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional ke IKN.