Logo Bloomberg Technoz

Airlangga: Tantangan Ekonomi Digital, Infrastruktur Belum Merata

Azura Yumna Ramadani Purnama
01 August 2024 10:25

Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)
Airlangga Hartarto. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memaparkan sejumlah tantangan dalam pengembangan ekonomi digital nasional di masa mendatang. Salah satunya adalah pengadaan infrastruktur digital yang belum merata, terutama di luar Jawa. 

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dalam acara Bank Indonesia bertajuk 'Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia' atau FEKDI x KKI 2024.

"Berdasarkan Digital Competitiveness Index oleh east venture, kami sudah memetakan per daerah, Jawa masih mendominasi tingkat teratas daya saing karena infrastruktur. Wilayah-wilayah selain Jawa memiliki skor daya saing digital yang rendah," ujar Airlangga, Kamis (1/8/2024).

Kendati demikian, dia menyebutkan Sulawesi tenggara masuk peringkat delapan besar, karena faktor lokasi yang berada di wilayah proyek infrastruktur digital dan palapa ring di paket tengah. "Ini bukti pemerataan infrastruktur harus terus kita dorong," tegas Airlangga.

Tantangan lain ialah talenta digital unggul dan adaptif. Saat ini, Airlangga memamerkan bahwa Gorontalo mengalami kenaikan skor sebanyak 10 peringkat ke rangking 20, didukung oleh program lokal remaja cakap digital yang dijalankan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.