Logo Bloomberg Technoz

Disney Cari Efisiensi, Akan PHK Ratusan Karyawan di Divisi TV

News
01 August 2024 06:10

Disney (Sumber: Bloomberg)
Disney (Sumber: Bloomberg)

Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg, Walt Disney Co sedang merencanakan pemutusan hubungan kerja (PHK) tahap baru di divisi televisinya. Menurut sumber, langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mengurangi biaya dalam segmen bisnis yang sedang menyusut.

Perusahaan akan memangkas sekitar 140 pegawai, atau sekitar 2% dari staf Disney Entertainment Television, kata sumber yang tidak ingin diketahui identitasnya. Pemangkasan akan paling terasa di jaringan seperti NatGeo dan Freeform, yang sedang mengurangi program mereka, serta stasiun ABC milik perusahaan.

CEO Bob Iger telah memangkas biaya sebesar miliaran dolar di Disney dan menghilangkan lebih dari 8.000 posisi sejak kembali menjabat sebagai CEO pada November 2022. Perusahaan berusaha menyeimbangkan kebutuhan investasi dalam streaming dengan penurunan cepat jaringan kabelnya, yang masih menghasilkan miliaran dolar keuntungan.

Sebagai bagian dari PHK tersebut, sumber mengatakan NatGeo akan kehilangan sekitar 13% stafnya. Jaringan yang dinamai berdasarkan majalah ikonik ini telah mengurangi program fiksi menjadi hanya beberapa acara seperti Genius: MLK/X.