Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan Powell Dorong Reli Wall Street, Nvidia Melonjak 13%

News
01 August 2024 05:50

Wall Street (Dok: Bloomberg)
Wall Street (Dok: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Komentar dovish dari Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell membantu memperpanjang reli di pasar saham yang dimulai dengan lonjakan perusahaan teknologi utama, dengan pasar mencatat hari terbaiknya bersama Federal Reserve dalam dua tahun.

Saham mengalami rebound kuat, dengan Nasdaq 100 naik 3%. Nvidia Corp melonjak 13% — menambahkan nilai US$329 miliar — setelah panggilan analis yang bullish. Dalam perdagangan akhir, Meta Platforms Inc meroket karena penjualan yang mengalahkan ekspektasi. Qualcomm Inc, penjual prosesor smartphone terbesar di dunia, memberikan perkiraan pendapatan yang kuat. Imbal hasil Treasury turun bersamaan dengan dolar.

Dalam jumpa pers, Powell mengatakan para pejabat bisa memangkas suku bunga "paling cepat" September. Dan pernyataan The Fed juga membawa beberapa perubahan bahasa. Yang mencolok, komite bergeser dengan mengatakan mereka "memperhatikan risiko di kedua sisi dari mandat ganda," daripada kata-kata sebelumnya yang hanya berfokus pada risiko inflasi.

“Jumpa pers ini sedikit lebih dovish daripada pernyataannya,” kata Neil Dutta di Renaissance Macro Research. “Kedengarannya mereka hanya menunggu demi menunggu. Lagi pula, menurut pengakuannya sendiri, semua data sudah mengarah ke arah yang ingin dia lihat!”