Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting dalam Keputusan The Fed untuk Tahan Suku Bunga

News
01 August 2024 05:30

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Kate Davidson - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga dalam kisaran 5,25% hingga 5,5%, tingkat yang telah mereka pertahankan sejak Juli lalu. Gubernur Jerome Powell, dalam jumpa pers pada Rabu (31/07/2024) mengatakan penurunan suku bunga bisa terjadi paling cepat di bulan September 2024. Berikut adalah poin-poin penting dari keputusan suku bunga The Fed.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) secara bulat memilih untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah pada kisaran 5,25%-5,5%, level tertinggi dalam lebih dari dua dekade, untuk pertemuan kedelapan berturut-turut.

Komite mengubah bahasa mereka dalam pernyataan yang dirilis, dengan mengatakan "komite memperhatikan risiko pada kedua sisi mandat ganda" yaitu inflasi dan pasar tenaga kerja. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, mereka hanya fokus pada inflasi dengan mengatakan "sangat memperhatikan risiko inflasi".

Namun, komite juga mengulangi penggunaan bahasa sebelumnya yang mengatakan FOMC tidak mengharapkan ada pemangkasan suku bunga "sampai memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%."