Logo Bloomberg Technoz

Oleh karenanya, infrastruktur menjadi kunci bagi datangnya investasi dan juga akan mengurangi biaya logistik, yang disebutnya dulu lebih dari 24% sekarang sudah turun menjadi 14%.

Di samping itu, ia menekankan bahwa pembangunan infrastruktur harus memperhatikan estetika, lingkungan, dan landscape.

"Berapa kali pak menteri [PUPR] kalau [bersama] saya ke lapangan meresmikan, atau melihat progres perkembangan sebuah proyek, pasti saya tegur kalau berkaitan dengan landscape, estetika, lingkungan, karena ini ke depan akan menjadi hal yang sangat penting," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengingatkan anggota Gapensi untuk tidak mengorbankan kualitas pekerjaan demi memenangkan proyek. Pekerjaan dengan harga yang terlalu rendah dapat berpengaruh kepada kualitas bangunan, Jokowi mengingatkan.

"Jangankan soal estetika, jangankan soal landscape, jangankan soal lingkungan, jadi baik saja belum tentu bener nggak? Karena anggarannya dipangkas terlalu banyak, makanya yang penting jadi itu yang berbahaya," tuturnya.  

"Sekali lagi landscape, lingkungan, akan menjadi prioritas pada level berikutnya pada pemerintahan yang akan datang," pungkas Jokowi.

(wep)

No more pages