Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bicara Proyek Infrastruktur Selama 10 Tahun Menjabat

Pramesti Regita Cindy
31 July 2024 19:55

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (24/2/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (24/2/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa sejak awal pemerintahannya 10 tahun yang lalu, pemerintah telah berfokus kepada pembangunan infrastruktur yang mencakup berbagai sektor, seperti konektivitas, layanan data, pangan, energi, dan industri.

Menurut dia pembangunan infrastruktur bukan hanya tentang membangun beton-beton saja, tetapi juga harus memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan negara.

"Bukan hanya membangun asal jadi saja, tetapi tidak ada manfaatnya," terang Jokowi dalam agenda refleksi dan catatan 10 tahun pemerintahannya sekaligus pengukuhan BPP Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi), di Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

"Dari pembangunan infrastruktur ini membuat competitive ranking kita naik dari 34 melompat ke-27. Daya saing itu yang ingin kita [tunjukkan] baik dari pembangunan-pembangunan yang ada,."

Selain itu, Jokowi menyoroti pentingnya infrastruktur dalam menarik investasi. Menurut dia jika konektivitas dan infrastruktur tidak baik, maka akan sulit untuk investor masuk ke dalam negeri.