Logo Bloomberg Technoz

Jelang FOMC The Fed; Bitcoin Fluktuatif, Bisa Rebound ke Rp1,15 M

Muhammad Julian Fadli
31 July 2024 17:08

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aset kripto bergerak bervariasi (mixed), termasuk Bitcoin di Rabu saat menanti FOMC The Fed. Bitcoin tengah diperdagangkan pada harga US$66.259 (Rp1,07 miliar) usai sempat menyentuh US$70.000 pada Senin di awal pekan. Kedepannya, Bitcoin berpotensi kembali menuju US$71.000 (Rp1,15 miliar).

Melesat Bitcoin kemarin didorong oleh pidato calon presiden Donald Trump, yang berjanji untuk membuat cadangan Bitcoin bersifat nasional jika terpilih nanti. Berbicara di konferensi Bitcoin, ia juga mengatakan akan ‘Mengganti’ Ketua Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) yang saat ini dijabat oleh Gary Gensler di hari pertama Trump menjabat.

Pernyataan Trump di sesi pidato yang jadi perhatian pasar disambut positif oleh para penggemar Bitcoin yang berharap akan adanya regulasi yang lebih jelas, dan juga lembut di pasar AS.

Dalam acara itu, ia mengatakan Amerika Serikat akan menjadi ‘Ibu Kota’ Aset Kripto di planet ini, dan ‘Negara Adidaya Bitcoin’, jika nantinya Trump terpilih oleh rakyat AS.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, Trump ingin menyalip China dalam kepemimpinan pasar Aset Kripto di dunia, salah satunya dengan membentuk Dewan Penasihat Kripto di Gedung Putih. Pada kesempatan yang sama, ia menyatakan keinginannya bahwa semua Bitcoin yang tersisa menjadi “MADE IN THE USA!!!.”