Logo Bloomberg Technoz

Luhut Bikin Satgas Baru Khusus Hulu Migas, Imbas Investasi Lambat

Dovana Hasiana
31 July 2024 14:05

Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian
Luhut Binsar Pandjaitan./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membentuk satuan tugas (satgas) baru yang khusus ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan investasi di bidang hulu minyak dan gas (migas), yang selama ini dianggap lamban.

Luhut mengatakan satgas itu juga bakal mengkaji peraturan ihwal hulu migas di Indonesia. Terlebih, peraturan di Indonesia dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi hulu migas saat ini.

“Investasi dalam bidang migas, kenapa lama? Peraturan dipakai waktu dahulu mencari migas gampang. Sekarang banyak migas dicari itu dari laut dalam, [tetapi] peraturannya masih sama. Ya kan tidak benar itu,” ujar Luhut dalam agenda International and Indonesia CCS Forum 2024 di Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024).

Berdasarkan catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), realisasi investasi hulu migas sebesar US$5,6 miliar pada semester I-2024. 

Hulu migas./dok. SKK Migas

Realisasi tersebut merupakan 75% dari target sebesar US$7,43 miliar pada semester I-2024. Sementara itu, untuk keseluruhan 2024, SKK Migas menargetkan US$12,9 miliar.