Logo Bloomberg Technoz

Korsel Tangkap Pejabat atas Dugaan Bocorkan Daftar Mata-Mata

News
31 July 2024 15:30

Bendera Korea Selatan (Korsel). (Dok: Bloomberg)
Bendera Korea Selatan (Korsel). (Dok: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan (Korsel) telah menangkap seorang pejabat atas tuduhan membocorkan intelijen pertahanan yang mencakup daftar agen rahasia yang ditempatkan di luar negeri, yang mendorong militer untuk membawa pulang semua agennya yang berada di luar negeri demi keselamatan mereka.

Pengadilan militer mengeluarkan surat perintah untuk menangkap pejabat tersebut pada Selasa (30/7/2024), demikian ungkap Kementerian Pertahanan Korsel dalam pernyataannya. Kementerian menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut, termasuk identitas pejabat tersebut, dengan alasan penyelidikan sedang berlangsung.

Pejabat tersebut ditahan pada Selasa, anggota parlemen Lee Seong-kweun dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa mengatakan setelah militer memberikan pengarahan kepada anggota parlemen tentang masalah ini dalam sesi tertutup.

Pejabat di Komando Intelijen Pertahanan Korea dicurigai telah membocorkan apa yang bisa jadi merupakan ribuan informasi intelijen kepada warga negara China yang diduga sebagai agen Korea Utara (Korut), kata kantor berita Korsel, Yonhap News, tanpa menyebutkan sumber informasinya. Kedutaan Besar China di Seoul tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar.