Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral Jepang Naikkan Suku Bunga Acuan Sebelum The Fed

News
31 July 2024 14:50

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Toru Fujioka dan Sumio Ito - Bloomberg News

Bloomberg, Bank of Japan (BOJ) menaikkan suku bunga acuannya dan mengumumkan rencana untuk mengurangi separuh pembelian obligasi dalam tindakan yang menggarisbawahi tekadnya untuk menormalkan kebijakan.

BOJ menaikkan suku bunga acuan menjadi sekitar 0,25% dari kisaran 0 hingga 0,1%, menurut pernyataannya pada Rabu (31/7/2024). BOJ juga mengatakan akan mengurangi laju pembelian obligasi bulanannya menjadi sekitar ¥3 triliun (US$19,6 miliar) pada kuartal pertama 2026.

Laju pembelian baru-baru ini adalah sekitar dua kali lipat dari jumlah tersebut. Baik yen maupun harga saham bergejolak segera setelah keputusan tersebut, membuat mata uang Jepang melemah pada 153,14 terhadap dolar pada pukul 13:15 WIB dan Nikkei 225 naik pada hari itu di sekitar 3.874.

Dalam mengambil langkah-langkah ini, Gubernur Kazuo Ueda memamerkan keinginannya untuk melanjutkan normalisasi setelah bertahun-tahun bank tersebut menerapkan kebijakan yang sangat mudah yang mencakup tingkat suku bunga negatif terakhir di dunia hingga Maret. Tindakan Rabu kemungkinan akan memicu spekulasi bahwa satu kenaikan lagi akan terjadi tahun ini.

Bank sentral Jepang. (Dok: Bloomberg)