Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain, cadangan dan sumber daya sisanya sudah dikelola oleh perusahaan menengah ke bawah yang kurang menerapkan aspek ESG dalam operasionalnya.  “Tentu BHP tidak ingin berinvestasi kalau melanggar prinsip ESG,” ujarnya.

Dengan potensi masuknya BHP ke Indonesia, Rizal mengatakan, tentu investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba) akan lebih menarik dan menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan dan daya tarik investasi di bidang minerba.

Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI) sebelumnya mengungkapkan BHP berpeluang untuk masuk dan melakukan investasi terhadap perusahaan tambang nikel di Indonesia, walaupun sebelumnya telah mengumumkan akan menyetop bisnis nikelnya yang merugi di Australia setidaknya hingga awal 2027.

Sekretaris Umum APNI Meidy Katrin Lengkey tidak menutup kemungkinan raksasa tambang global asal Australia tersebut bakal melakukan investasi pada pemerintahan yang akan mendatang, yakni pada masa Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024—2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kita sempat berdiskusi, tidak menutup kemungkinan, ini belum pasti ya; BHP akan masuk ke Indonesia. Kayaknya [masuk] tergantung situasi politik. Ini kita lagi menunggu regulasi apa untuk pemerintahan yang baru. Kita melihat nanti mungkin tahun depan kali ya [baru masuk],” ujar Meidy saat ditemui di Jakarta Pusat, dikutip Selasa (30/7/2024).

(dov/wdh)

No more pages