Logo Bloomberg Technoz

Dokumen Rahasia AS Bocor, Negara-negara Sekutu Kebingungan

News
12 April 2023 13:45

Presiden AS Joe Biden (Stefani Reynolds/Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Stefani Reynolds/Bloomberg)

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Kebocoran dokumen rahasia Amerika Serikat (AS) baru-baru ini mungkin yang paling serius melanda negara itu dalam satu dekade ini, dan di belakang layar, insiden ini telah menimbulkan ketidaknyamanan antara AS dan negara-negara sekutunya.

Dokumen rahasia yang tersebar di internet ini mengungkapkan kepada dunia seberapa ketatnya AS memata-matai teman dan musuh mereka. Presiden AS Joe Biden bertemu dengan pimpinan Inggris pekan ini. Ia juga akan menjamu Korea Selatan, mitra utamanya dalam upaya melawan China tersebut, pada akhir April.

Korea Selatan, mitra penting AS dalam hal semikonduktor dan kendaraan listrik ini, mengatakan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah menelepon untuk membicarakan insiden tersebut, sementara Australia, yang menandatangani kesepakatan kapal selam bernilai miliaran dolar dengan AS sedang mencari informasi lebih lanjut soal insiden ini.

Para sekutu AS kebingungan dengan insiden besar yang terjadi bertahun-tahun sejak Edward Snowden, ketika itu merupakan kontraktor pemerintahan federal, membagikan ribuan halaman dokumen rahasia kepada wartawan.