Logo Bloomberg Technoz

Mal di IKN

Dia juga berpendapat pembangunan pusat perbelanjaan di IKN masih akan menghadapi tantangan, terutama karena populasi di sana yang belum banyak.

"Karena pusat belanja itu untuk bisa hidup usahanya itu dia perlu konsumen, perlu populasi. Jadi saya kira mungkin untuk tahap pertama di IKN, mungkin pusat belanjanya tidak terlalu besar dulu, ukurannya kecil dan sebagainya."

Senada dengan Alphonzus, Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia Lini Djafar menyebut perpindahan ibu kota ini tidak membawa perubahan yang masif tehadap populasi di Jakarta.

Berbanding lurus dengan hal itu, menurutya, Jakarta dalam jangka waktu pendek atau panjang akan tetap menjadi pusat aktivitas komersial dari Indonesia.  

"Jadi kami tidak melihat perpindahan ibu kota ini berdampak pada pasar baik perkantoran maupun ritel, karena kunci utama ritel adalah konsumen daya beli," jelasnya.

"Sehingga, jawabannya apa dampak perpindahan ibu kota ke IKN akan memengaruhi atau bisnis pusat perbelanjaan? mungkin ini terlalu mengatakan di awal bahwa sama sekali tidak," terang Lini.

(prc/wdh)

No more pages