Logo Bloomberg Technoz

Saham naik sekitar 1% pada Rabu (31/07/2024) pagi di Seoul. Saham SK Hynix sedikit berubah, naik sekitar 0,2%.

Unit semikonduktor utama Samsung mencatat laba operasi 6,45 triliun won yang lebih baik dari ekspektasi, menjadikannya kuartal kedua berturut-turut dalam keadaan positif setelah empat kerugian berturut-turut. Hal ini didorong oleh kenaikan harga memori dan permintaan yang kuat untuk chip memori bandwidth tinggi atau HBM, yang membantu menghemat daya sambil mendukung kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi yang dibutuhkan oleh AI.

Investor telah khawatir tentang posisi pasar Samsung di pasar HBM yang tumbuh cepat. Saham perusahaan terbesar Korea ini telah berkinerja buruk dibandingkan saingannya yang lebih kecil, SK Hynix, yang sekarang menjadi pemasok HBM terkemuka. Perusahaan ini kesulitan mendapatkan sertifikasi chip terbarunya dari Nvidia Corp, yang telah menjadi pembuat chip paling berharga di dunia berkat permintaan yang tak pernah terpuaskan untuk akselerator AI.

Namun, Samsung akhirnya mulai membuat kemajuan dalam mempersempit kesenjangan dengan SK Hynix. Perusahaan telah memenangkan persetujuan yang telah lama ditunggu dari Nvidia untuk versi chip HBM-nya yang disebut HBM3, dan juga mengantisipasi persetujuan untuk generasi berikutnya, HBM3E, dalam dua hingga empat bulan, menurut laporan Bloomberg News minggu ini.

Perusahaan mengatakan mereka berencana untuk "secara aktif merespons" permintaan produk bernilai tambah tinggi untuk AI dan akan memperluas kapasitas untuk meningkatkan porsi penjualan HBM3E pada paruh kedua tahun ini.

Baik harga DRAM maupun NAND meningkat selama kuartal tersebut, membantu pendapatan operasional tumbuh di bisnis pengecoran atau pembuatan chip kontrak Samsung. Unit tersebut diperkirakan akan pulih pada paruh kedua tahun ini dengan pertumbuhan permintaan untuk AI dan komputasi kinerja tinggi, kata perusahaan.

SK Hynix telah menjadi salah satu penerima manfaat utama dari perlombaan untuk memasok komponen penting bagi menciptakan layanan AI generatif seperti ChatGPT. Pendapatan dari HBM, yang dipasangkan dengan akselerator Nvidia, melonjak lebih dari 250% pada kuartal Juni. Hal itu mendorong reli lebih dari 150% pada saham SK Hynix sejak awal 2023, lebih dari tiga kali lipat kinerja Samsung.

Samsung memprioritaskan produksi HBM dan memori server, yang berarti "pasokan produk mutakhir untuk PC dan ponsel diperkirakan akan terbatas," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

Data perdagangan awal dari kantor bea cukai menunjukkan bahwa ekspor semikonduktor Korea Selatan melonjak 57,5% dalam 20 hari pertama bulan Juli. Negara dengan ekonomi terbesar keempat Asia tersebut adalah salah satu eksportir chip komputer terbesar di dunia, dan karenanya berfungsi sebagai indikator yang berguna untuk permintaan teknologi global. Pengiriman chip telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

"Margin laba operasi Samsung untuk semikonduktor dapat terus meningkat karena harga yang menguntungkan, setelah mencapai 23% pada kuartal kedua. Namun, SK Hynix dapat terus memimpin metrik tersebut karena kekuatannya dalam chip memori bandwidth tinggi untuk AI. Margin operasi SK Hynix adalah 33% pada kuartal kedua," ungkap Masahiro Wakasugi, analis Bloomberg Intelligence.

(bbn)

No more pages