Logo Bloomberg Technoz

Harga BBM Pertamina Agustus 2024: Pertamax dkk Bakal Naik?

Dovana Hasiana
31 July 2024 10:20

Salah satu SPBU Pertamina yang menjual Pertamax Green 95 di daerah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang./Bloomberg Technoz-Wike D. Herlinda
Salah satu SPBU Pertamina yang menjual Pertamax Green 95 di daerah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang./Bloomberg Technoz-Wike D. Herlinda

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga masih melakukan kajian terhadap harga bahan bakar nonsubsidi perseroan untuk Agustus 2024.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulandari mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga masih memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah sebagai faktor utama yang memengaruhi harga jual BBM nonsubsidi di SPBU Pertamina. 

Adapun, harga minyak pada Selasa (30/7/2024) diperdagangkan mendekati level terendah dalam tujuh minggu karena prospek permintaan yang tidak pasti, terutama di importir terbesar, China.

West Texas Intermediate (WTI) berada di dekat US$76 per barel setelah kehilangan lebih dari 3% selama dua sesi sebelumnya. Sementara itu, minyak mentah Brent ditutup di bawah US$80 per barel.

Sementara, rupiah sempat terperosok ke level Rp16.325/US$ kemarin, Selasa (30/7/2024), akibat kebangkitan lagi indeks dolar AS jelang dimulainya pertemuan The Fed untuk menentukan kebijakan bunga acuan yang akan diumumkan pada Kamis dini hari waktu Indonesia Barat itu.