Logo Bloomberg Technoz

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, para pejabat Federal Reserve kemungkinan akan semakin dekat untuk mulai memangkas suku bunga dari level tertinggi dalam dua dekade, dengan memberi sinyal potensi pemotongan suku bunga pada September. Meskipun mereka mungkin tidak memberikan rincian lebih lanjut setelah itu.

Menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, FOMC The Fed akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya dalam kisaran 5,25% – 5,5%, puncak yang dicapai setahun lalu, pada pertemuan kebijakan dua hari di Rabu.

“Menurut saya mereka akan mengubah bahasa dalam pernyataan untuk menyarankan pemotongan suku bunga pada pertemuan September,” kata Subadra Rajappa, Strategist Societe Generale.

Para pembuat kebijakan kemungkinan akan mengakui bahwa inflasi telah membuat kemajuan menuju target 2% –sebagai prasyarat untuk pemotongan suku bunga, menyusul data Index Harga Konsumen yang mendingin untuk bulan Juni. Seiringan dengan tingkat pengangguran yang juga meningkat, para pejabat mungkin akan mengindikasikan bahwa kebijakan akan menjadi tidak terlalu ketat.

“Pasar telah sepenuhnya memperhitungkan pemotongan suku bunga The Fed pada September, tetapi pertanyaan besar untuk pertemuan FOMC 30-31 Juli adalah; Seberapa jelas FOMC akan memberi sinyal ini? Menurut kami komunikasi dari pertemuan Juli hanya akan memberi sedikit petunjuk tentang pemotongan pada September, dengan Gubernur The Fed Jerome Powell mencatat potensi pemotongan 'Jika data berkembang seperti yang kami harapkan'," ungkap Anna Wong, Ekonom Bloomberg Economics.

Mengutip CME FedWatch Tools pagi ini, peluang pemangkasan 25 basis poin (bps) menjadi 5,00% – 5,25% adalah 85,3%. Angka yang tinggi itu meyakini suku bunga acuan bisa turun pada September.

Tim Research Phillip Sekuritas memaparkan, Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) akan menentukan keputusan suku bunga minggu ini dengan hasil pertemuan kebijakan akan diumumkan pada Rabu.

“Semua pengamat memprediksi tidak ada perubahan pada suku bunga acuan Federal Funds Rate (FFR) dan berekspektasi Federal Reserve akan mulai melonggarkan kebijakan moneter pada pertemuan kebijakan berikutnya di bulan September,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

Dengan itu, meskipun Federal Funds Rate diprediksi akan tetap dipertahankan di 5,25% – 5,5%, investor berharap adanya petunjuk mengenai kapan siklus penurunan suku bunga akan dimulai, dan juga yang terpenting berapa kali pemangkasan suku bunga akan dilakukan jelang tutup tahun ini.

(fad)

No more pages