Logo Bloomberg Technoz

Lowongan Kerja AS Melonjak, Tanda Pasar Tenaga Kerja Masih Kuat

News
31 July 2024 06:30

Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Sumber: Bloomberg)

Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Lowongan kerja di AS melampaui perkiraan bulan lalu setelah angka Mei direvisi naik, menentang tren penurunan bertahap di pasar tenaga kerja baru-baru ini.

Menurut Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja Biro Statistik Tenaga Kerja, yang dikenal sebagai JOLTS, pada Selasa (30/07/2024) posisi yang tersedia turun sedikit menjadi 8,18 juta dari angka 8,23 juta yang direvisi naik pada bulan sebelumnya. Angka Juni melebihi sebagian besar perkiraan dalam survei ekonom Bloomberg.

Laporan tersebut masih menunjukkan adanya permintaan yang solid untuk pekerja meskipun pengusaha telah mengurangi perekrutan dan pertumbuhan upah melambat. Tingkat pengangguran naik untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Juni, konsisten dengan kenaikan terbaru dalam jumlah orang Amerika yang menerima tunjangan pengangguran.

Pelemahan itu, ditambah dengan inflasi yang mereda, adalah alasan mengapa banyak ekonom memperkirakan Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell akan memberi sinyal bahwa bank sentral akan mulai memangkas suku bunga segera setelah pertemuan dua hari berakhir pada Rabu (31/07/2024). Para peramal juga melihat laju pertumbuhan pekerjaan melambat lebih lanjut dengan rilis laporan ketenagakerjaan bulan Juli pada Jumat (02/08/2024).

Grafik lowongan kerja AS. (Sumber: Bloomberg)