Logo Bloomberg Technoz

PKS Mau Gabung, Gerindra Sebut Prabowo Hanya Senyum

Mis Fransiska Dewi
30 July 2024 20:53

Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Presiden & Wapres terplih Prabowo-Gibran saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memaparkan respons Ketua Umum Prabowo Subianto saat menerima informasi tentang sejumlah partai politik di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) ingin bergabung pada pemerintahan mendatang.

Hal ini merujuk pada pernyataan pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang ingin gabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

“Ya saya sudah sampaikan kepada Pak Prabowo bahwa PKS di Harlah [Hari Lahir PKB] minta diajak. Sambutannya Pak Prabowo senyum-senyum saja,” kata Dasco dikutip Selasa (30/7/2024). 

Sebelumnya, Dasco pada acara Hari Lahir PKB memang mengklaim meneruskan ajakan Prabowo kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk bergabung pada pemerintahan mendatang. Ternyata, Muhaimin pun memberikan respon positif dengan menunjukkan isyarat menerima ajakan tersebut.

Gerindra memang memiliki sejarah kedekatan dengan PKB dalam dua tahun terakhir. Keduanya sempat sama-sama bergabung pada KIM untuk mengusung Prabowo sebagai capres pada Pemilu 2024. Akan tetapi, hubungan renggang usai PKB memilih gabung dengan Koalisi Perubahan untuk mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.