Logo Bloomberg Technoz

Gerindra Isyaratkan KIM Tak Akan Usung Anies di Pilkada Jakarta

Mis Fransiska Dewi
30 July 2024 20:10

Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim, anggota partai politik pada Koalisi Indonesia Maju (KIM) solid pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia menampik kabar adanya anggota KIM yang berniat mengusung mantan Calon Presiden pada Pemilu 2024, Anies Baswedan.

Hal ini merujuk pada kabar Partai Amanat Nasional (PAN) berpotensi mengusung Anies Baswedan jika sepakat menjadikan Zita Anjani sebagai calon wakil gubernur (cawagub). Zita sendiri adalah kader sekaligus anak dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Sepertinya belum [mengusung Anies]. Sementara komunikasi-komunikasi mengenai itu belum ada. Kami baru bicara mengenai garis besar Pilkada DKI,” kata Dasco dikutip Selasa (30/7/2024). 

"Saya kemarin cek kepada bang Zul [Zulkifli Hasan]. Bang Zul bilang [Anies-Zita] itu pendapat pribadi pak Yandri [Yandri Susanto]. Bukan keputusan PAN."

Menurut dia, Partai Gerindra dan KIM tak terburu-buru dalam rencana pengusungan calon pada Pilkada DKI Jakarta. Koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024 ini memang belum memiliki calon pada kontestasi politik di Jakarta.