Logo Bloomberg Technoz

Peran putri Kim dalam propaganda negara tampaknya menunjukkan kepada publik bahwa ada generasi lain yang sedang menunggu untuk menjalankan dinasti keluarga dan akan mengandalkan senjata nuklir untuk kelangsungan hidupnya.

Agen mata-mata Korsel telah menetapkan usianya sekitar 11 tahun dan meyakini bahwa Ju Ae adalah anak kedua dari tiga bersaudara antara Kim dan istrinya, Ri Sol Ju. Salah satu momen terbesar Ju Ae adalah pada Februari 2023 ketika ia bergabung dengan ayah dan ibunya dalam sebuah perjamuan untuk menghormati militer dan ditempatkan di depan dan di tengah dalam sebuah foto bersama dengan beberapa anggota angkatan bersenjata yang paling kuat.

Tidak ada anak pemimpin Korut lainnya yang pernah ditampilkan dengan cara seperti itu pada usia yang begitu muda, dan penampilannya mendobrak tradisi yang menjauhkan anak-anak pemimpin dari mata publik hingga mereka menjadi bagian dari aparat negara.

Namun, masih ada pertanyaan mengenai apakah Kim Jong Un telah memutuskan bahwa putrinya yang akan menggantikannya. Pemimpin Korut lainnya--pendiri negara Kim Il Sung dan putranya Kim Jong Il--menempatkan putra-putra mereka yang sudah dewasa di aparat negara untuk melatih mereka sebagai penerus, memberikan mereka jabatan resmi saat mereka menunggu di sayap, yang menambah ketokohan mereka.

Anak perempuannya belum secara resmi diidentifikasi namanya dalam laporan media resmi. Mengingat usia Kim Jong Un yang masih relatif muda, yaitu 40 tahun, ia dapat berkuasa selama beberapa dekade. Namun, dia kelebihan berat badan dan perokok berat yang telah berjuang melawan masalah kesehatan, sehingga suksesi menjadi topik yang memprihatinkan.

Badan mata-mata Korsel juga mengatakan bahwa mereka memantau dengan saksama kondisi kesehatan Kim Jong Un karena dia terlihat sangat gemuk, diperkirakan memiliki berat badan hingga 140 kilogram, kata para anggota parlemen.

Para anggota parlemen berbicara kepada para wartawan dan membacakan catatan dari pertemuan tersebut. NIS biasanya tidak mengomentari apa yang disampaikan oleh para pejabatnya kepada para anggota parlemen dalam rapat-rapat komite intelijen.

(bbn)

No more pages