Logo Bloomberg Technoz

Putri Kim Jong Un Disebut Disiapkan Jadi Penerus

News
30 July 2024 20:20

Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Putri pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menerima pelajaran untuk mengambil alih negara itu, demikian ungkap badan mata-mata Korea Selatan (Korsel) kepada anggota parlemen, dalam peningkatan yang cepat untuk gadis yang pertama kali muncul di hadapan publik kurang dari dua tahun yang lalu.

Ju Ae--yang dijuluki sebagai "putri yang dihormati" dan "anak yang dicintai" oleh media pemerintah--adalah calon penerus keluarga Kim yang telah memerintah negara itu sejak didirikan pada akhir 1940-an, kata anggota parlemen, Badan Intelijen Nasional mengatakan kepada mereka dalam sesi tertutup pada Senin (29/7/2024).

"Korut telah mengisyaratkan Kim Ju Ae sebagai calon penerus pada saat ini dengan pelajaran untuk menggantikan ayahnya yang sedang berlangsung," kata anggota parlemen Lee Seong-kweun dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa kepada para wartawan setelah sesi parlemen. "Mereka telah menyesuaikan tingkat propaganda dan frekuensi kemunculannya, dengan mempertimbangkan reaksi publik terhadapnya," kata Lee.

Ju Ae pertama kali muncul di media pemerintah Korut pada November 2022 dengan mantel musim dingin berwarna putih yang mengembang, menggandeng tangan ayahnya untuk berjalan melewati rudal berkemampuan nuklir yang dirancang untuk melenyapkan sebuah kota di Amerika. Sejak saat itu, ia telah muncul di uji coba senjata, acara kenegaraan, dan bahkan di acara olahraga, selalu bersama ayahnya.