Logo Bloomberg Technoz

China & Taiwan Capai Kesepakatan Selesaikan Insiden Kapal

News
30 July 2024 19:20

Sebuah kapal Penjaga Pantai Taiwan di Pelabuhan Perikanan Kinmen Hsinhu di Kinmen, Taiwan, Rabu (22/5/2024). (I-Hwa Cheng/Bloomberg)
Sebuah kapal Penjaga Pantai Taiwan di Pelabuhan Perikanan Kinmen Hsinhu di Kinmen, Taiwan, Rabu (22/5/2024). (I-Hwa Cheng/Bloomberg)

Yian Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Perwakilan dari Taipei dan Beijing mencapai penyelesaian atas insiden awal tahun ini yang menewaskan dua nelayan China dan menyebabkan perubahan besar dalam cara China menangani pulau-pulau kecil Taiwan di lepas pantainya.

Berdasarkan kesepakatan yang diumumkan pada Selasa (30/7/2024), mayat para korban telah dikembalikan kepada keluarga mereka, dan kapal tersebut diserahkan kepada pemiliknya, menurut pernyataan yang dikeluarkan departemen pemerintah di Taipei yang menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan China.

Taiwan mengatakan bahwa mereka telah berkali-kali menyampaikan penyesalan dan permintaan maaf kepada para keluarga korban.

Para anggota keluarga korban mencapai kesepakatan dengan Taiwan setelah melakukan negosiasi setelah insiden tersebut, menurut kantor berita resmi China, Xinhua. Kantor berita tersebut mengonfirmasi bahwa jenazah-jenazah tersebut telah dikembalikan ke daratan pada Selasa, bersama dengan kapal penangkap ikan.