Logo Bloomberg Technoz

Analis Optimis Terhadap Prospek Cerah Bank BRI di 2024

Muhammad Julian Fadli
30 July 2024 19:07

Dok. BRI
Dok. BRI

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemulihan kinerja keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI/ BBRI) berlangsung kuat dan terus berlanjut. Hal ini tercermin dari Beban Provisi yang membaik, berefek pada perbaikan Biaya Kredit. Selain itu, BRI berhasil mencatat pertumbuhan laba bersih, didukung oleh peningkatan pendapatan.

Hal positif tersebut menjadikan saham BBRI tepat disematkan rating Beli, yang dipaparkan langsung oleh Analis Ciptadana Sekuritas Asia, Erni Marsella Siahaan dalam riset terbaru yang diterbitkan.

“Beban Provisi yang membaik sebesar -27% qoq, menghasilkan perbaikan Biaya Kredit (Cost of Credit/CoC) menjadi 2,5% pada Kuartal II-2024 (vs. 3,5% pada Kuartal I-2024). Laba Operasi juga didukung dengan baik oleh Pendapatan non-Bunga (+3% qoq),” tulis Erni dalam risetnya, Selasa (30/7/2024).

Pencapaian positif Bank BRI turut didorong oleh tren melesatnya pendapatan yang kuat dalam beberapa kuartal. Secara keseluruhan, pendapatan di Semester I-2024 mencapai Rp29,7 triliun, mencatat kenaikan 1% yoy, sejalan dengan konsensus pasar di angka 48%, dibandingkan dengan data historis sebelumnya di 47%.

Pertumbuhan kredit korporasi juga berhasil tetap kuat dengan kenaikan 29% yoy, dengan ekspansi utama berasal dari sektor Agribisnis (Terutama Bulog). Pertumbuhan kredit Kupedes ada di angka 16% yoy, sejalan dengan strategi Bank BRI yang berfokus pada kualitas kredit. Dengan itu, pertumbuhan kredit BRI melesat 11% yoy di Semester I-2024.