Logo Bloomberg Technoz

Respons Suami Wali Kota Semarang Soal Kabar jadi Tersangka

Muhammad Fikri
30 July 2024 15:10

Suami Hevearita Walkot Semarang, Alwin Basri (Bloomberg Technoz/Muhammad Fikri)
Suami Hevearita Walkot Semarang, Alwin Basri (Bloomberg Technoz/Muhammad Fikri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Suami Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Ita, Alwin Basri telah selesai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan tiga tindak pidana korupsi di Pemerintah Kota Semarang. Dia nampak hadir seorang diri meski dalam agenda pemeriksaan dijadwalkan bersama istrinya.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah tersebut pun irit bicara kepada wartawan. Dia juga tak memberikan banyak respon tentang kabar dirinya dan Hevearita telah menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

“Pokoknya mengikuti hukum” kata Alwin saat ditanya soal Surat Perintah Dimulai Penyidikan (SPDP) atas namanya dan istri, Selasa (30/7/2024).

Menurut pantauan langsung Bloomberg Technoz, Alwin selesai jalani pemeriksaan pada pukul 12:56 WIB. Alwin hadir mengenakan batik dengan jaket berwarna hitam.

Pada kasu di Pemkot Semarang, KPK setidaknya tengah mengusut tiga tindak pidana yaitu pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkot Semarang pada tahun 2023-2024; pemerasan terhadap pegawai negeri atas intensif pemungutan pajak dan retribusi daerah kota Semarang; dan dugaan penerimaan gratifikasi di tahun 2023-2024.