Logo Bloomberg Technoz

Catatan terbaru Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone Group, sempat memprediksi kuatnya Bitcoin sejalan dengan pidato Trump di Nashville dan memang merupakan kunci dari transaksi seputar pemilu.

Spencer Hallarn, kepala global perdagangan OTC di GSR menjelaskan bahwa jelang pidato Trump kemarin terjadi eskalasi transaksi call buying dalam jangka pendek.

“Seraya  berlalunya konferensi tersebut, karena para pembeli di pasar option telah melihat untuk menutup posisi ini, perusahaan yang sama, yang membeli minggu lalu, telah berubah menjadi penjual Bitcoin, memberikan tekanan pada harga,” ucap Hallarn, dikutip Selasa.

Analis kemudian menghubungkan bahwa pergerakan Bitcoin memang disengaja ulah trader yang mengambil poisisi berspekulasi. Kepala Galaxy Digital Michael Novogratz mengatakan hal yang relatif sama dalam postingan di media sosial  X. 

“Walau ada berita positif dari konferensi Bitcoin 2024 terkait pidato Trump dan rancangan aturan pencadangan Senator Lummis, pasar masih harus berurusan dengan kelebihan pasokan yang sangat nyata,” kata Shiliang Tang, presiden perusahaan pialang utama Arbelos Markets.

Perusahaan riset blockchain Arkham mengatakan dalam sebuah posting di platform media sosial X bahwa terdapat gelombang pemindahan Bitcoin senilai US$2 miliar ke salah satu dompet digital baru, Senin waktu AS. Analis menebaknya berasal dari marketplace Silk Road, di mana para pelanggan menggunakan mata uang virtual untuk membeli obat-obatan terlarang dan peralatan peretas sebelum pasar tersebut ditutup,  dilaporkan Bloomberg News.

Ilustrasi Bitcoin

Faktor lain yang wajib diperhatikan lebih seksama adalah rencana pemindahan 80.500 Bitcoin dari platform Bitcoin Mt Gox dapat kembali mengangkat harga BTC melampaui US$70.000. Telah ada pengiriman 50.000 koin BTC dalam dua pekan terakhir kepada para kreditor di Kraken dan Bitstamp, dilansir dari Coinpedia.

Sebelumnya terdapat isu kegagalan penjualan token oleh kreditor dari Mt Gox namun mampu teratasi. Berdasarkan data  Arkham Intelligence, alamat Mt Gox 12Rgp mentransfer 0,02 BTC senilai US$1.350 ke alamat lain yang dimulai dengan 1Adb. Alamat yang sama juga mentransfer 0,0001 BTC ke alamat yang dimulai dengan bc1q.

Situasi ini bisa dibaca sebagai sinyal bahwa Mt Gox sedang melakukan uji coba transfer sebelum memindahkan sisa 80.128 BTC yang dimilikinya, senilai US$5,35 miliar. 

Faktor kebijakan moneter The Fed kini juga menjadi perhatian investor global dengan rencana pertemuan pada akhir pekan ini diperkirakan akan menjadi dasar dimulainya siklus penurunan suku bunga, sebuah prospek yang mengangkat mood pasar.

Hingga artikel ini dimuat Selasa siang pukul 13.25 waktu Indonesia, Bitcoin mempertebal pelemahan dan berada di kisaran US$66.635,29. Altcoin Ethereum juga -1,7% dalam 24 jam terakhir menuju US$3.319,38, dilansir dari CoinGecko, Selasa. Altcoin lain seperti Solana -5,6% ke US$182,4, Dogecoin -4% ke US$0,12, kemudian Cardano -5,1% ke US$0,4 dan Avalanche -5,4% ke US$27,16.

-Dengan asistensi Lionel Laurent dari Bloomberg News.

(wep)

No more pages