Logo Bloomberg Technoz

Korsel Lakukan Ini demi Cegah Perselisihan Cip dengan Jepang

News
30 July 2024 14:40

Gambaran fisik cip semikonduktor canggih secara kasat mata. (Dok: Bloomberg)
Gambaran fisik cip semikonduktor canggih secara kasat mata. (Dok: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan (Korsel) merangkul peran yang lebih besar dalam pakta perdagangan yang dipimpin AS di Asia untuk membasmi ancaman perselisihan dengan Jepang yang membebani rantai pasokan global untuk semikonduktor.

Produksi semikonduktor Korsel berada di bawah tekanan pada tahun 2019 ketika Korsel menjadi target kontrol ekspor Jepang atas bahan pembuatan cip seperti fotoresis. Meskipun perselisihan tersebut telah diselesaikan sejak pertemuan puncak tahun lalu antara kedua negara, ancaman gangguan baru tetap ada di wilayah yang penuh dengan ketegangan politik dan historis.

Korsel-Jepang. (Dok: Bloomberg)

Sekarang, ketika Korsel memimpin Jaringan Respons Krisis untuk rantai pasokan dalam Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik dan dengan terpilihnya Jepang sebagai ketua bersama bulan ini, Seoul mengatakan bahwa penyesuaian rantai pasokan yang penting akan dilakukan melalui tinjauan rekan-rekan dari 14 negara IPEF, bukan secara sepihak.

"Hal ini mengurangi potensi perselisihan perdagangan antara Korsel dan Jepang yang telah kita lihat di masa lalu," ujar Sim Jinsu, direktur jenderal untuk strategi dan kebijakan perdagangan baru, dalam wawancara minggu lalu. "Hal ini memperkuat stabilitas hubungan di antara keduanya."