Logo Bloomberg Technoz

Pada bulan Juni, penjualan global Toyota turun 5,8% menjadi 912.971 unit, menurun untuk bulan kelima berturut-turut.

Chairman Akio Toyoda melihat dukungannya jatuh ke level terendah untuk tahun kedua berturut-turut bulan lalu selama rapat tahunan Toyota, di mana sejumlah pemegang saham aktivis menyuarakan keprihatinan mereka tentang kepemimpinannya dan keraguan perusahaan untuk merangkul mobil listrik, yang menurut mereka menyebabkan perusahaan tertinggal dari BYD dan Tesla Inc milik Elon Musk.

Dalam sebuah wawancara podcast yang diterbitkan di situs media perusahaan pada Senin, Toyoda mengatakan dia tidak akan terpilih kembali ke dewan tahun depan jika dukungannya terus menurun. "Tidak ada anggota dewan dalam sejarah Toyota yang melihat dukungan mereka jatuh begitu rendah," katanya kepada Toyota Times.

Sementara itu, pembuat mobil tersebut, mitra keuangannya, dan investor utama telah mengurangi saham silang di tengah dorongan pemerintah untuk merapikan hubungan bisnis yang menguntungkan dan mengubah persaingan setelah skandal penetapan harga beberapa tahun lalu.

Toyota baru-baru ini mengumumkan rencana untuk membeli kembali hingga ¥806,8 miliar saham dari beberapa bank dan perusahaan asuransi besar. Ini merupakan bagian dari rencana pembelian kembali senilai ¥1 triliun yang diumumkan pada bulan Mei.

(bbn)

No more pages