Logo Bloomberg Technoz

Mau Kalahkan Adobe, Canva Akuisisi Startup AI Tahun Ini

News
30 July 2024 13:20

Ilustrasi aplikasi pembuatan desain Canva. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi aplikasi pembuatan desain Canva. (Dok: Bloomberg)

Olivia Poh - Bloomberg News

Bloomberg, Canva Inc mengakuisisi startup pembuat gambar Leonardo.ai dalam akuisisi keduanya tahun ini. Hal ini mempercepat laju Canva dalam memasuki dunia kecerdasan buatan (AI) untuk bersaing dengan pemimpin perangkat lunak (software) kreatif, Adobe Inc.

Kesepakatan yang memakan waktu sekitar satu bulan untuk diselesaikan ini memungkinkan Canva mengintegrasikan model pembuatan video dan gambar dari perusahaan yang lebih kecil tersebut ke dalam produk mereka sendiri. Salah satu pendiri, Cameron Adams, kepada Bloomberg News mengatakan ini adalah akuisisi tercepat Canva sejauh ini. Akuisisi ini ditutup hanya beberapa bulan setelah startup terbesar Australia tersebut mengambil alih rangkaian software Affinity yang populer di kalangan pengguna Mac milik Apple Inc, dalam kesepakatan bernilai ratusan juta pound. Canva tidak menyebutkan valuasi untuk Leonardo.ai, dan Adams menolak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Canva, yang mengumpulkan dana dengan valuasi sebesar US$26 miliar tahun ini, adalah salah satu dari beberapa pengembang software kreatif yang sedang naik daun yang mengejar pemimpin pasar, Adobe. CapCut, aplikasi edit video dari pemilik TikTok, ByteDance Ltd, juga mendapatkan pengguna dengan cepat.

Dalam kesepakatan terbaru Canva, mereka mendapatkan tim beranggotakan 120 orang di Leonardo.ai yang mengerjakan perangkat lunak untuk membantu pengguna membuat dan mengedit gambar online dengan perintah teks. Didirikan pada 2022, startup ini didukung oleh investor Canva, Blackbird Ventures, dan mengumpulkan US$31 juta tahun lalu. Orang-orang telah menggunakan platformnya untuk membuat lebih dari satu miliar gambar selama 18 bulan terakhir, kata Canva.